dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen guru
dalam pengelolaan pembelajaran IPAS di SD Negeri 25 Parenreng. Jenis
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian
adalah guru wali kelas yang menerapkan kurikulum merdeka dengan
pembelajaran IPAS yaitu kelas IV dan kelas V. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa manajemen guru di SD Negeri 25 Parenreng dalam
pembelajaran IPAS sudah menerapkan 4 indikator manajemen guru yaitu
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan
pembelajaran IPAS masih kurang baik karena perangkat pembelajaran masih
belum lengkap yaitu pada kelas V guru wali kelas belum membuat Program
Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP),
dan Modul Ajar IPAS. Pengorganisasian pembelajaran IPAS terlaksana cukup
baik karena guru dapat mengelompokkan semua tahap-tahap pembelajaran mulai
dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup, namun organisasi dalam kelas berupa
pemilihan ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretasi, dan bendahara belum
diperbarui. Pelaksanaan pembelajaran IPAS cukup berjalan baik dilihat dari
pemaparan materi guru yang sesuai dengan pedoman modul ajar dan buku yang
dipakai hingga guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
pembelajaran. Sedangkan pengawasan pembelajaran IPAS sudah berjalan baik
dilihat dari guru mengawasi keaktifan siswa dalam belajar, pengerjaan tugas
siswa, hingga pemberian nilai. |
en_US |