Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebaran materi yang sesuai dengan kisi-kisi pembuatan
soal USBN dan menganalisis kualitas soal yang dilihat dari validitas soal, koefisien reliabilitas, tingkat kesukaran dan
daya beda soal pilihan ganda Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Ajaran 2018/2019 Mata Pelajaran
Fisika SMA Negeri Se- Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui dua metode, yaitu dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA
Negeri Se- Kota Makassar dan sampel pada penelitian ini berjumlah 4 sekolah di ambil berdasarkan wilayah yang ada
di Makassar. Teknik analisis data menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan
untuk jumlah soal sudah mencakup semua materi dan menyebar di materi kelas X dengan persentase 31,43%, kelas
XI dengan persentase 37,14%, dan kelas XII dengan persentase 31,42% dan menunjukkan bahwa terdapat 1 butir soal
yang tidak valid, dengan koefisien reliabilitas yang tinggi sebesar 0,91, tingkat kesukaran soal pada kategori mudah
berjumlah 18 butir (51,43%), kategori sedang 16 butir (45,71%), dan kategori sukar berjumlah 1 butir (2,86%). dan
memiliki daya beda soal dalam kategori sangat baik berjumlah 12 butir (34,28%), kategori baik berjumlah 8 butir
(22,86%), kategori cukup berjumlah 7 butir (20,00%), kategori jelek berjumlah 8 butir (22,86%).