dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efectivitas penggunaan
metode kerja kelompok dalam penguasaan kosakata siswa SMP Wahyu
Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Populasi terdiri dari siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar, yang terbagi
dalam 5 kelas. Rata – rata setiap kelas berjumlah 20 siswa, sehingga total
populasi berjumlah 170 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa
kelas VII-D (hanya satu kelas). Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini berupa test (multiple choices).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa setelah diajar
menggunakan metode kerja kelompok. Hal ini tampak pada hasil analisis
statistik tingkat signifikan
Berdasarkan hasil analisis tersebut, penulis menyimpulkan bahwa
penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan penguasaan
kosakata siswa dan siswa memiliki minat yang sangat tinggi dalam belajar
bahasa Inggris dengan menggunakan kerja kelompok. |
en_US |