Abstract:
Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Guru
Dalam Mengatasi Terjadinya Bullying Pada Peserta didik di Kelas IV UPT SPF
SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa.
Dibimbing oleh Susalti Nur Arsyad S.Pd., M.Pd dan Masni S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penanaman nilai
toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta
didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Guru Wali Kelas IV, dan Peserta Didik kelas IV. Proses pengumpulan
data meliputi obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peran guru dalam menanaman nilai toleransi sebagai upaya guru dalam mengatasi
terjadinya bullying pada peserta didik di kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan
Kapal II Kota Makassar dilakukan dengan cara menjadi teladan bagi peserta didik
dan membantu peserta didik dalam menerima dan menghargai perbedaan
sedangkan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai toleransi sebagai
upaya guru dalam mengatasi terjadinya bullying pada peserta didik dikelas IV
UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar adalah melalui Pemberian
Nasihat, Pengaturan tempat duduk, dan Pemasangan media cetak di dinding
sekolah.