PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SDN SANGIR MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SYALSABILA, WIDYA EKA
dc.date.accessioned 2023-10-27T09:05:53Z
dc.date.available 2023-10-27T09:05:53Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103065
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8588
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini terletak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Take and Give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kolaboratif terkait sumber energi di Kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan ini berlangsung dalam 2 siklus yang diawali dengan kegiatan pratindakan, kemudian setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian topik ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sangir Kota Makassar yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, eksperimen, dan pencatatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran guru mencapai tingkat penuh (C) sambil mengamati aktivitas siswa mencapai tingkat penuh (C) dan hasil tes akademik. berada pada tingkat yang memuaskan. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian proses pembelajaran dan pengamatan aktivitas guru meningkat mencapai taraf baik (B), sedangkan pengamatan aktivitas siswa mencapai taraf baik (B) dan hasil tes akademik juga meningkat mencapai taraf baik. tingkat yang baik. (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kolaboratif Take and Give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di kelas IV SDN Sangir Kota Makassar en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif en_US
dc.subject Take and Give en_US
dc.subject proses belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SDN SANGIR MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account