dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini terletak pada hasil belajar siswa yang belum
mencapai SKBM di kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Take and
Give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di
kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran
kolaboratif terkait sumber energi di Kelas IV SDN Sangir Kota Makassar. Metode
yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan ini berlangsung dalam 2
siklus yang diawali dengan kegiatan pratindakan, kemudian setiap siklus terdiri
dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian topik ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sangir Kota Makassar
yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, eksperimen, dan pencatatan.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan
bahwa aktivitas pembelajaran guru mencapai tingkat penuh (C) sambil mengamati
aktivitas siswa mencapai tingkat penuh (C) dan hasil tes akademik. berada pada
tingkat yang memuaskan. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian proses
pembelajaran dan pengamatan aktivitas guru meningkat mencapai taraf baik (B),
sedangkan pengamatan aktivitas siswa mencapai taraf baik (B) dan hasil tes
akademik juga meningkat mencapai taraf baik. tingkat yang baik. (B). Kesimpulan
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kolaboratif Take and Give
dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di kelas
IV SDN Sangir Kota Makassar |
en_US |