Abstract:
.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kontrol. Desain penelitian ini yaitu The Matching Only PretestPosttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A
dan VIII-B yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
Discovery Learning berbasis HOTS pada proses pembelajaran di kelas dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa, karena siswa dapat memahami materi
dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Model pembelajaran
Discovery Learning berbasis HOTS membuat siswa aktif dan merasa dilibatkan
dalam pembelajaran karena dalam proses pembelajaran Discovery Learning
berbasis HOTS siswa dilatih untuk berpikir dan menyelesaikan suatu masalahmasalah yang diberikan dalam proses pembelajaran sehingga melatih kemampuan
hasil belajar IPA pada siswa