dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi
membaca siswa menggunakan sistem E-Book siswa kelas XII SMA Bosowa
School Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas XII SMA Bosowa School Makassar semester ganjil tahun
ajaran 2023/2024, dengan menggunakan sample sebanyak 10 siswa. Pengumpulan
data berupa teks bacaan dengan menggunakan E-Book System.
Data penelitian ini yang dikumpulkan memlaui tes menunjukkan bahwa
kemampuan membaca siswa setelah dilakukan penelitian, terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan E-Book system terhadap keterampilan membaca siswa.
Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa hasil belajar siswa pada pre-test
64,00. Kemudian setelah mendapatkan treatment, nilai pre-test siswa meningkat
menjadi 85,55 pada post-test. Dapat disismpulkan bahwa keterampilan membaca
siswa meningkat pada siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan E-Book System dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa
dalam membaca teks bahasa Inggris di SMA Bosowa School Makassar. |
en_US |