Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah dan keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi
dan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi
target sebanyak 24 sekolah dasar di Kecamatan Soreang. Populasi tersebut kemudian
disampling sehingga terpilih sampel sebanyak 56 orang guru dan 6 orang kepala
sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran
angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji
multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan kepala sekolah
berpengaruh terhadap motivasi guru sebesar dengan nilai hasil koefisien sebesar
0,572. 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru
dibuktikan dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.344. 3) Keterpenuhan sarana dan
prasarana berpengaruh terhadap motivasi guru dengan nilai hasil koefisien sebesar
0.173. 4) Keterpenuhan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru
dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.313.
Berdasarkan perhitungan secara statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan
keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi dan kinerja guru pada sekolah dasar
negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare.