Abstract:
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dalam bahasa
Kei terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Desain yang digunakan adalah
posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD
Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara
Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa di kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini
menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa, kemudian siswa dibagi
menjadi dua kelas. Pada kelas eksperimen adalah yang berjumlah 15 siswa dan
kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
lembar observasi, angket, tes belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil
penelitian secara deskriptif hasil belajar bahasa Kei kelas V SD Naskat Mathias 3
Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada kelompok
eksperimen dengan menggunakan metode debat lebih baik dari pada kelompok
kontrol tanpa menggunakan metode debat. Hasil penelitian secara inferensial,
yaitu: 1) Ada pengaruh metode debat dalam bahasa kei terhadap motivasi belajar
siswa kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten
Maluku Tenggara, 2) ada pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap
prestasi siswa kelas V SD Naskat Matias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil
Kabupaten Maluku Tenggara.