Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
media multitasking dan self control terhadap celebrity worship pada penggemar
K-pop di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 467 penggemar K-pop
di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yakni, Celebrity
Attitude Scale yang diadaptasi oleh Aini (2019) untuk mengukur celebrity
worship, media-use questionnaire yang dimodifikasi oleh Thalib (2019) untuk
mengukur media multitasking dan skala self control yang diadaptasi oleh
khairunnisa (2019). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode
korelasi. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan hubungan yang tidak
signifikan antara media multitaking dan self control terhadap celebrity worship.
Namun, self control memiliki hubungan yang signifikan terhadap media
multitaking dengan nilai r = 0,124, p= 0,007 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara self control dan media
multitasking