Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh iklim keluarga,
kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil
belajar IPA pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare, (2)
pengaruh yang signifikan iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan
verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA baik secara sendiri-sendiri
(parsial) maupun secara bersama-sama pada peserta didik kelas IV UPTD SD
Negeri 14 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex post facto. Jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 14
Parepare. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan
statistik deskriptif dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh
hasil bahwa (1) Iklim keluarga (x1) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar IPA (Y) peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 14 Parepare.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa iklim keluarga yang semakin
kondusif bagi sebagian anak justru memberikan pengaruh negatif, (2)
Kemampuan berpikir logis (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
(Y) IPA peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 14 Parepare, (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal (X3) terhadap hasil belajar
(Y) IPA peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 14 Parepare, (4) Tidak ada
pengaruh yang signifikan antara efikasi diri (X4) terhadap hasil belajar (Y) IPA
peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 14 Parepare.