Abstract:
PT. Bosowa Marga Nusantara dan PT. Jalan Tol Seksi Empat Makassar sebagai
pengelola jalan tol senantiasa melakukan peningkatan kualitas layanan transportasi..
salah satu penilaian efektivitas layanan dapat dilihat berdasarkan waktu pelayanan dan
tingkat kedatangan. kajian ini membandingkan efektivitas untuk tiga jenis layanan yaitu
pada Gerbang Tol Otomatis (GTO), Gerbang Tol Semi Otomatis (GSE), dan Gerbang tol
Semi Otomatis Isi Ulang (GIU).
Penelitian merupakan peneilitian survei dengan berfokus pada dua
variabel yaitu waktu pelayanan dan tingkat kedatangan. Pengambilan data kendaraan
diambil pada saat jam sibuk (peak hour) dengan asumsi waktu jam sibuk dimulai pukul
07.00 – 12.00 WITA dan pukul 16.00 – 20.00 wita. Pengambilan data yaitu Senin, Selasa,
Kamis dan Sabtu, selama dua pekan sejak tanggal 10 hingga tanggal 21 Juni
2019.Penelitian dilakukan pada tiga gerbang tol yaitu di gerbang tol cambaiya, gerbang
tol kaluku bodoa dan gerbang tol biringkanayaGerbang Tol Biringkanaya yang melayani
arus kendaraan dari Bandara.Gerbang Tol Kaluku Bodoa yang melayani arus kendaraan
dari jalan A.P.PettaraniGerbang Tol Cambaya yang melayani arus kendaraan dari
pelabuhan.
Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa pada layanan semi otomatis
pada Gerbang Tol Cambaya bernilai 1.4 untuk pagi hari dan 1.3 pada sore hari. Pada
Gerbang Tol Kaluku Bodoa diperoleh nilai efektivitas layanan Semi Otomatis sebesar
1.4 pada pagi hari dan 1.2 pada sore hari. Pada Gerbang Tol Biringkanaya diperoleh
nilai efektivitas layanan Semi Otomatis sebesar 1.9 pada pagi hari dan 2.1 pada sore
hari. Berdasarkan dari hasil analisis efektivitas di atas dapat disimpulkan bahwa nilai
rata-rata efektivitas gerbang tol semi otomatis sebesar 1.55 untuk pagi dan sore pada