Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi sosial antara pihak Rumah Sakit Umum Daerah
Ende dengan pasien dalam masalah kesehatan bagi pengguna kartu BPJS. Penelitian ini dilakukan
melalui pendekatan kualitatif-deskriptif, Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara
mendalam dengan para informan, disamping studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan
informan dilakukan secara porposive sampling. Dalam hal ini adalah masyarakat pengguna kartu
BPJS dan pihak rumah sakit yaitu dokter, perawat dan staf rumah sakit. Rumah sakit yaitu dokter,
perawat dan staf rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi sosial pihak Rumah Sakit
Umum Daerah dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan adalah interaksi pihak Rumah Sakit dengan
pasien pengguna BPJS dalam proses pemeriksaan kesehatan, interaksi pihak Rumah Sakit dengan
pengguna BPJS dalam proses penyembuhan penyakit, dan interaksi pihak Rumah Sakit dengan
pasien pengguna BPJS dalam pemulihan kesehatan. Kemudian kendala-kendala interaksi sosial
antara pihak Rumah sakit Umum Daerah dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan adalah kendala
dalam proses pemeriksaan kesehatan, kendala dalam proses penyembuhan penyakit, dan kendala
dalam pemulihan kesehatan.