Abstract:
Terbentuknya suatu kurikulum baru tentu memiliki kekurangan. Adapun kekurangan kurikulum merdeka
belajar ini adalah menjadi kendala dan tangan bagi kurikulum merdeka belajar. Ada beberapa kendala atau
tantangan yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan memperoleh hail analisis pustaka mengenai
pengintegrasian media pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di lingkungan siswa SMK. Adapun
metode yang digunakan adalah literatur review. Dari tiga kata kunci yang menjadi fokus pembahasan,
ditemukan sebnanyak 145 artikel yang terkait. Dari 145 yang sudah diperoleh dilakukan lagi penyaringan
dengan melihat apakah artikel ketiga variabel tersebut terkait satu sama lain atau tidak. Berdasarkan ketentuan
tersebut ditemukan 20 artikel. 20 inilah yang digunakan untuk menjadi studi review dalam penulisan artikel ini.
Adapaun hasil review yang telah dilakukan adalah Kurikulum merdeka belajar memiliki empat
program.program tersebut adalah (1) USBN diganti ujian (assement), (2) 2021 UN diganti, (3) RPP
dipersingkat, (4) zonasi PPDB lebih flexsibel. Dengan adanya program tersebut memberikan peluang bagi
sekolah,siswa, guru dll mengembangkan proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat menjadi salahsatu
cara mewejudkan keberhasilan program ini adalah dengan pengintegrasian media pembelajaran berbasis
teknologi dan informasi komputer