Abstract:
Perusahaan kecil dan menengah memerlukan strategi yang baik dalam memasarkan
produknya di pasar internasional. Walaupun banyak upaya dilakukan pemerintah untuk
meningkatkan pelayanan ekspor produk UMKM seperti lewat prosedur PKBE, pendirian
kawasan UMKM, pembuatan basis data online, dan keterlibatan dalam MICE, laju ekspor
UMKM masih rendah dalam semua sub sektor pada tahun 2011-2012.
Penelitian ini memeriksa faktor-faktor kinerja ekspor UMKM di Kota Makassar dengan
tujuan melihat dalam latar tersebut apa saja faktor yang berperan dalam kinerja ekspor mereka.
Secara khusus, peneliti meneliti efek dari intensitas teknologi informasi, intensitas persaingan,
internasionalisasi, dukungan distribusi, adaptasi harga, dan dinamika pasar terhadap kinerja
ekspor UKM di Kota Makassar.penelitian menggunakan data survey primer dari UMKM di
Kota Makassar untuk mengetahui kondisi dari semua variabel tersebut. Data survey
dikumpulkan pada tahun 2015 dari 112 UKM di Kota Makassar. Data dianalisis dengan
structural equation modeling. Hasil model struktural menunjukkan kalau intensitas teknologi
informasi dan dukungan distribusi berpengaruh terhadap kinerja ekspor UKM, sementara itu
dukungan distribusi berpengaruh signifikan terhadap adaptasi harga UKM tetapi adaptasi harga
tidak berpengaruh terhadap kinerja ekspor. Di sisi lain, lingkungan eksternal, lingkungan makro,
intensitas persaingan, adaptasi harga, internasionalisasi, dan turbulensi pasar ditemukan tidak
berpengaruh terhadap kinerja ekspor UKM, dan dukungan distribusi tidak berpengaruh terhadap
internasionalisasi.
Hasil ini menunjukkan kalau kinerja ekspor UKM sangat tergantung pada kemampuan
UKM memasarkan produknya menggunakan teknologi informasi dan bagaimana distribusi
mereka didukung oleh mitra bisnis mereka. Dalam kasus UKM yang langsung menjadi
eksportir, mitra bisnis ini adalah UKM lain yang turut menyertakan produknya di pasar ekspor,
sementara dalam kasus UKM yang melakukan ekspor melalui eksportir, mitra bisnis ini adalah
perusahaan eksportir bersangkutan. Faktor lingkungan negara sasaran ekspor menjadi tidak
relevan bagi kinerja ekspor mereka.Sejumlah saran diajukan pada UKM dan pemerintah dalam
rangka meningkatkan kemampuan kinerja ekspor UKM menggunakan teknologi informasi dan
penguatan rantai pasokan dalam negeri menuju pasar ekspor.