Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitin ini adalah (1) mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran webbed dapat meningkatkan aktivitas belajar
bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota
Makassar; (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran webbed dapat
meningkatkan hasil belajar membaca bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD
Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar, khususnya membaca.. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan desain penelitian PTK, yang meliputi: perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penerapan model
pembelajaran webbed dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas
III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar dapat
meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh respon
siswa yang pada umumnya menyatakan respon yang positif (setuju dan sangat
setuju) terhadap 10 butir pertanyaan/pernyataan angket, serta tidak ada satu pun
respon siswa yang menyatakan respon negatif (tidak setuju dan sangat tidak
setuju) terhadap pertanyaan/pernyataan angket tersebut yang berkaitan dengan
aktivitas belajar siswa; dan (2) penerapan model pembelajaran webbed dalam
pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging
Kecamatan Tallo Kota Makassar dapat meningkatkan hasil belajar membaca
bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa pada
siklus I yakni perolehan nilai hasil belajar baru mencapai 55% yang mencapai
ketuntasan belajar berdasarkan KKM, kemudian mengalami peningkatan nilai
menjadi 100% pada siklus II.