DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III-C SD NEGERI BEROANGING KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author INTANG, ANDI BUNGA
dc.date.accessioned 2022-10-13T08:23:45Z
dc.date.available 2022-10-13T08:23:45Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106003
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1041
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitin ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran webbed dapat meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar; (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran webbed dapat meningkatkan hasil belajar membaca bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar, khususnya membaca.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian PTK, yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran webbed dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar dapat meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh respon siswa yang pada umumnya menyatakan respon yang positif (setuju dan sangat setuju) terhadap 10 butir pertanyaan/pernyataan angket, serta tidak ada satu pun respon siswa yang menyatakan respon negatif (tidak setuju dan sangat tidak setuju) terhadap pertanyaan/pernyataan angket tersebut yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa; dan (2) penerapan model pembelajaran webbed dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar dapat meningkatkan hasil belajar membaca bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yakni perolehan nilai hasil belajar baru mencapai 55% yang mencapai ketuntasan belajar berdasarkan KKM, kemudian mengalami peningkatan nilai menjadi 100% pada siklus II. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject penerapan en_US
dc.subject model pembelajaran webbed en_US
dc.subject kriteria ketuntasan minimal (KKM) en_US
dc.subject motivasi dan aktivitas belajar en_US
dc.subject siklus. en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III-C SD NEGERI BEROANGING KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account