Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap motivasi dan prestasi
belajar siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD
Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara Semester Genap Tahun Pelajaran
2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini
menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31
siswa, kemudian siswa dibagi menjadi dua kelas. Pada kelas eksperimen adalah yang berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol
berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes belajar, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif
hasil belajar bahasa Kei kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada
kelompok eksperimen dengan menggunakan metode debat lebih baik dari pada kelompok kontrol tanpa menggunakan
metode debat. Hasil penelitian secara inferensial, yaitu: 1) Ada pengaruh metode debat dalam bahasa kei terhadap motivasi
belajar siswa kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, 2) ada pengaruh
metode debat dalam bahasa Kei terhadap prestasi siswa kelas V SD Naskat Matias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil
Kabupaten Maluku Tenggara.