Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis
deskripsi siswa dan mengetahui peningkatan proses serta hasil belajar menulis karangan siswa kelas III UPT SD Negeri 181
Pinrang dengan menggunakan media permainan Baraccung. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas
dan 25 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran pada aspek
guru berada pada kualifikasi baik (B) dan pada aspek siswa berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II hasil
penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik, dari aspek siswa berada pada kualifikasi
baik (B) dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media
permainan Baraccung dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa di kelas III UPT SD Negeri 181
Pinrang