Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal dengan sub tema
Indahnya Budaya Indonesia yang teruji valid untuk siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang, menghasilkan
bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang praktis bagi siswa kelas IV UPT
SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang dan menghasilkan bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya
Budaya Indonesia yang efektif bagi siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini Research and
Development (R & D). Desain penelitian menggunaan prosedur yang diadaptasi menggunakan model pengembangan Borg &
Gall. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal. Hasil
Penelitian pengembangan ini adalah Setelah melalui uji validasi bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya
Budaya Negeriku dinyatakan valid, baik dari segi materi (isi dan penyajian) maupun dari segi media (ketatagrafikan dan
kebahasaan). (2) berdasarkan hasil angket dari responden (guru) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya
Budaya Negeriku dinyatakan praktis. Hal tersebut diperoleh yakni rata-rata indikator pada kategori baik. Dari hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran, (3) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub
tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut diperoleh dari Efektivitas
bahan ajar ini diukur dari hasil belajar siswa yang meningkat dengan rerata nilai yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa
meningkat sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal sub tema
Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan