Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan penerapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem
zonasi dan pengaruh penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa di Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini peserta didik kelas 1 sampai kelas 5 UPT SPF SDN DAYA II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun
ajaran 2022/2023 yang berjumlah 292 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A sebanyak 28
peserta didik melalui jalur zonasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji hipotesis maka diperoleh
kesimpulan bahwa: Proses penerimaan peserta didik baru adalah tahap-tahap yang akan dilakukan oleh calon peserta didik
baru yang akan mendaftar dalam sebuah lembaga pendidikan mulai dari mendaftar sampai penentuan kelulusan, calon peserta
didik ini nantinya akan mengikuti setiap kegiatan yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan sebagai syarat utama
diterima dilembaga pendidikan tersebut dan Terdapat pengaruh secara signifikan penerimaan siswa didik baru berbasis sistem
zonasi terhadap prestasi belajar siswa UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar