Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV belum mencapai target sesuai dengan kriteria
ketuntasan minimal (KKM). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memanfaatkan cerita pendek sebagai media
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD
Negeri 102 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan
media cerita pendek pada materi gagasan pokok di Kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi
gagasan pokok dengan penerapan media cerita pendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru
kelas dan siswa yang berjumlah 19 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada
proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan
pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar belajar berada
pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok
dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang