DSpace Repository

PERAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KANTISANG MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author Novia
dc.contributor.author Muhammadiah, Mas’ud
dc.contributor.author Lutfin, Nursamsilis
dc.date.accessioned 2025-01-13T02:40:40Z
dc.date.available 2025-01-13T02:40:40Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2961-8495
dc.identifier.issn 2528-357X
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/11271
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Masing-masing siklus I dan II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres Kantisang Makassar tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi dan tes. Data yang di peroleh dianalisis dengan statistika deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar siklus II sebesar 89,65% atau 26 dari 30 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 10,34% atau 4 dari 30 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar yang disesuaikan KKM sekolah en_US
dc.publisher EMBRIO PENDIDIKAN Jurnal Pendidikan Dasar en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject bermain drama en_US
dc.subject role playing en_US
dc.title PERAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KANTISANG MAKASSAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account