dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres
Kantisang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri
atas 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4)
refleksi. Masing-masing siklus I dan II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres Kantisang Makassar tahun ajaran
2023/2024 yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
metode observasi dan tes. Data yang di peroleh dianalisis dengan statistika deskritif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan
menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang
Makassar siklus II sebesar 89,65% atau 26 dari 30 siswa masuk dalam katagori
tuntas dan 10,34% atau 4 dari 30 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II bermain
drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing telah berhasil atau
terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bermain drama dengan
menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang
Makassar yang disesuaikan KKM sekolah |
en_US |