Abstract:
. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran PjBL terhadap motivasi belajar Bahasa
Indonesia di Kelas IV UPT SDN Kecamatan Rongkong dan mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran PjBL terhadap
hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV UPT SDN Kecamatan Rongkong. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD.
Motivasi dan hasil Belajar siswa yang menjadi fokus pada penelitian ini Metode penelitian yang akan digunakan di dalam
penelitian ini adalah metode quasi experiment. Quasi experiment mempunyai kelompok kontrol. Sedangkan desain yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. “Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest
control group design. Berdasarkan analisis pretest hasil belajar siswa, data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan
gambaran awal yang signifikan. Pada kelas eksperimen dengan jumlah data valid sebanyak 20, ditemukan nilai rata-rata (Mean)
sebesar 47.00, median 40.00, dan modus 40. Standar deviasi (Std. Deviation) sebesar 23.819 menunjukkan tingkat variasi yang
cukup tinggi, dengan rentang nilai antara 4 hingga 96. Jadi 1. Berdasarkan deskripsi hasil post angket motivasi belajar diperoleh
nilai rata-rata kelas eksperimen memiliki skor 50,75 dan kelas kontrol memiliki skor 38,09 data tersebut menunjukan bahwa
motivasi belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kemudian
berdasarkan analisis data mengenai pengaruh model project-based learning diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.013 nilai tersebut
kurang dari 0.05 (0.0130.05) hal ini menunjukan bahwa. terdapat pengaruh model project-based learning terhadap motivasi
belajar siswa sekolah dasar. 2. Berdasarkan deskripsi hasil posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen
memiliki skor 75,2 dan kelas kontrol memiliki skor 64.36 data tersebut menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki ratarata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kemudian berdasarkan analisis data yang membandingkan skor posttest
keduanya diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.032 nilai tersebut kurang dari 0.05 (0.0320.05) hal ini menunjukan bahwa. terdapat
pengaruh pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar.