PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN LITERASI NUMERASI, MENULIS, MENYIMAK DAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.author Az.Zahra Nasiruddin, Fathimah
dc.contributor.author Jainuddin, Jainuddin
dc.contributor.author Fitrah Umar, Muhammad
dc.contributor.author Wirawan, Soze
dc.date.accessioned 2025-04-17T08:58:11Z
dc.date.available 2025-04-17T08:58:11Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2721-1886
dc.identifier.uri https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/11334
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil asesmen model literasi numerasi, menulis, menyimak dan berbicara pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang diuraikan dalam tahap tahap pengembangan dengan Model ADDIE. meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sistem penilaian dilakukan oleh Guru matematika mencakup proses konten, proses kognitif, afektif dan psikomotorik, serta konteks. Alat ukur yag digunakan menggunkan instrument tes dan angket. Instrument tes digunakan terhadap 139 siswa sekolah Dasar. Lokasi penelitian di SD Islam Athirah Racing Centre Makassar. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan literasi dengan kompetensi membaca teks kategori sedang yaitu 64, 29%, sedangkan kemampuan numerasi domain bilangan kategori rendah yaitu 42,86%. Analisis ini ditinjau dari sisi konten soal, kemampuan kognitif dan konteks soal yang dibahas. Analisis kemampuan menyimak dalam menyelesaikan permasalahan sehari hari masih memerlukan bantuan guru. Analisis kemampuan menulis mengalami kesulitan untuk menemukan cara penyelesaiannya. Analisis kemampuan berbicara siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. Hasil rata-rata Persentasi persentase ketuntasan Minimimal di setiap jenjang kategori sedang yaitu 70,11. Olehnya itu perlu dilakukan banyak latihan dalam melatih siswa melihat soal soal AKM. en_US
dc.publisher Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan [JAK2P] en_US
dc.subject asesmen en_US
dc.subject literasi en_US
dc.subject numerasi en_US
dc.subject menulis en_US
dc.subject menyimak en_US
dc.subject berbicara en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN LITERASI NUMERASI, MENULIS, MENYIMAK DAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account