dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil asesmen model literasi numerasi, menulis, menyimak dan berbicara pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian
pengembangan yang diuraikan dalam tahap tahap pengembangan dengan Model ADDIE.
meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sistem penilaian dilakukan oleh Guru matematika mencakup proses konten, proses kognitif, afektif dan
psikomotorik, serta konteks. Alat ukur yag digunakan menggunkan instrument tes dan
angket. Instrument tes digunakan terhadap 139 siswa sekolah Dasar. Lokasi penelitian di
SD Islam Athirah Racing Centre Makassar. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan literasi dengan kompetensi membaca teks kategori sedang yaitu 64, 29%, sedangkan kemampuan numerasi domain bilangan kategori rendah yaitu 42,86%. Analisis ini ditinjau dari sisi konten soal, kemampuan kognitif dan konteks soal yang dibahas. Analisis kemampuan menyimak dalam menyelesaikan permasalahan sehari hari masih memerlukan bantuan guru. Analisis kemampuan menulis mengalami kesulitan untuk menemukan cara penyelesaiannya. Analisis kemampuan berbicara siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. Hasil rata-rata Persentasi persentase ketuntasan Minimimal di setiap jenjang kategori sedang yaitu 70,11. Olehnya itu perlu dilakukan banyak latihan dalam melatih siswa melihat soal soal AKM. |
en_US |