Abstract:
Pengembangan SDM merupakan suatu cara mengembangkan daya kemampuan
pada karyawan sampai mempunyai wawasan, keahlian serta sikap yang diperoleh dalam
menghadapi pekerjaan masa ini maupun masa depan . Kualitas pelayanan merupakan
suatu keadaan dinamis yang berpengaruh pada produk, jasa, manusia, metode dan zona
yang memenuhi atau melampaui impian. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) untuk
mengetahui dan menganalisis bagaimana keterampilan, pengetahuan serta sikap terhadap
kualitas pelayanan pegawai pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Enrekang. 2) untuk mengetahui dan menganalisis variable mana yang paling
dominan terhadap kualitas pelayanan pegawai pada kantor Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner. Data analisis dengan regresi linear berganda dengan bantuan
software SPSS 21.
Hasil penelitian ini mendapatkan hipotesis dalam penelitian yang telah teruji. 1)
Secara Persial dan Simultan variable keterampilan, pengetahuan, serta sikap berpengaruh
positif terhadap kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Enrekang. 2) ketiga variable keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang paling dominan
berpengaruh terhadap variable kualitas pelayanan ialah variable pengetahuan dikarenakan
memperoleh nilai tertinggi.