Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
kantong doraemon terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN No.99 kampung beru galesong kabupaten takalar tahun
ajaran 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental Design
dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest. Dimana sampel terdiri dari satu kelas
yang berjumlah 28 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan
posttest dimana soal berupa pilihan ganda yang berjumlah sepuluh soal. Adapun
proses analisis data yang menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian ini untuk uji-t diperoleh thitung > ttabel diperoleh (22,22 >
1,713) maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kantong doraemon terhadap hasil
belajar PKn siswa kelas IV SDN No. 99 Kampung Beru Galesong Kabupaten
Takala