Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi sosial antara pihak
Rumah Sakit Umum Daerah Ende dengan pasien dalam masalah kesehatan bagi
pengguna kartu BPJS. Selain itu penelitian ini mengfokuskan pada kendalakendala yang mempengaruhi interaksi antara pasien pengguna kartu BPJS
dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Ende dalam proses kesehatan.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif-deskriptif
(menggambarkan, meringkas berbagai kondisi,situasi, atau fenomena realitas
sosial) pada informan dilapangan yang menghasilkan data secara deskriptif
yakni gambaran implementasi program dilapangan secara sistematis dan aktual.
Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan para
informan, disamping studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan
dilakukan secara porposive sampling, yakni atas dasar penelitian bahwa para
informan mengetahui secara baik permasalahan yang sedang diteliti. Untuk itu
informan dalam penelitian ini adalah pihak yang terlibat langsung dengan
program BPJS, dalam hal ini adalah masyarakat pengguna kartu BPJS dan
pihak rumah sakit yaitu dokter, perawat dan staf rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalm prosesnya tidak selamanya
proses interaksi yang baik dapat berjalan dengan semestinya, ada beberapa
kendala yang menjadi penghambat diterapkannya interaksi yang bai, adanya
kendala-kendala yang menjadi penghambat tersebut mengakibatkan proses
interaksi sosial kesehatan rumah sakit pada pasien BPJS tidak seperti
seharusnya.berdasarkan dari pengamatan peneliti ada beberapa hal yang
menjadi kendala dalam pelaksanaan interaksi antara pihak rumah sakit dan
pasien, diantaranya disebabkan oleh pihak rumah sakit sendiri dan pihak pasien,
pihak rumah sakit yang dinilai melihat pasien BPJS adalah pasien yang
memiliki kemampuan ekonomi kebawah jadi bentuk minteraksi biasa-biasa
saja. Keterbatasan personil rumah sakit, pasien BPJS kurang tertib dan pasien
tidak mengikuti peraturan rumah sakit.