DSpace Repository

Interaksi Sosial Pengguna Kartu BPJS Kesehatan di RSUD Ende

Show simple item record

dc.contributor.author Djaenap, Suma
dc.date.accessioned 2021-03-23T03:52:54Z
dc.date.available 2021-03-23T03:52:54Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4513022005
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/115
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi sosial antara pihak Rumah Sakit Umum Daerah Ende dengan pasien dalam masalah kesehatan bagi pengguna kartu BPJS. Selain itu penelitian ini mengfokuskan pada kendalakendala yang mempengaruhi interaksi antara pasien pengguna kartu BPJS dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Ende dalam proses kesehatan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif-deskriptif (menggambarkan, meringkas berbagai kondisi,situasi, atau fenomena realitas sosial) pada informan dilapangan yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran implementasi program dilapangan secara sistematis dan aktual. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan para informan, disamping studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan dilakukan secara porposive sampling, yakni atas dasar penelitian bahwa para informan mengetahui secara baik permasalahan yang sedang diteliti. Untuk itu informan dalam penelitian ini adalah pihak yang terlibat langsung dengan program BPJS, dalam hal ini adalah masyarakat pengguna kartu BPJS dan pihak rumah sakit yaitu dokter, perawat dan staf rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalm prosesnya tidak selamanya proses interaksi yang baik dapat berjalan dengan semestinya, ada beberapa kendala yang menjadi penghambat diterapkannya interaksi yang bai, adanya kendala-kendala yang menjadi penghambat tersebut mengakibatkan proses interaksi sosial kesehatan rumah sakit pada pasien BPJS tidak seperti seharusnya.berdasarkan dari pengamatan peneliti ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan interaksi antara pihak rumah sakit dan pasien, diantaranya disebabkan oleh pihak rumah sakit sendiri dan pihak pasien, pihak rumah sakit yang dinilai melihat pasien BPJS adalah pasien yang memiliki kemampuan ekonomi kebawah jadi bentuk minteraksi biasa-biasa saja. Keterbatasan personil rumah sakit, pasien BPJS kurang tertib dan pasien tidak mengikuti peraturan rumah sakit. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject BPJS en_US
dc.subject Interaksi Sosial en_US
dc.title Interaksi Sosial Pengguna Kartu BPJS Kesehatan di RSUD Ende en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account