Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh Kecanduan game
online terhadap Prestasi akademik pada remaja di kota Makassar. Penelitian ini
menggunakan 2 variabel: 1. Kecanduan game online, dimana Lemmens,
Valkenburg dan Peter (2009) berpendapat bahwa kecanduan game merupakan
perilaku seseorang yang berlebihan atau komplusif yang tidak terkendali dalam
bermain game online. Seseorang yang mengalami kecanduan game online akan
menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan. 2. Prestasi akademik, dimana
Winkel (2004) berpendapat bahwa Prestasi Akademik merupakan salah satu
proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa untuk menunjukkan suatu
pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan karena usaha yang dilakukan
seseorang secara optimal. Prestasi akademik dapat dikatakan sempurna apabila
dapat memenuhi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan
terhadap 400 responden remaja yang bermain game online di Kota Makassar.
Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala game addiction scale yang
telah di adaptasi oleh Mahasiswa Universitas Bosowa atas nama Feren Arisandy
berdasarkan dasar teori Lemmens, Valkenburg dan peter (2009) dan Prestasi
akademik menggunakan nilai rata-rata raport siswa. Data dianalisis menggunakan
teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS. 20. Hasil analisis memberikan
kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi
Akademik pada remaja di kota Makassar sebesar 9,2 % dan 90,8% di pengaruhi
oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.