Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 005 Sumarorong
Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 005 Sumarorong Kabupaten Mamasa
yang berjumlah 128 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis secara kuantitatif
dengan menggunakan software SPSS 25for windows. Berdasarkan hasil uji
hipotesis atau uji paired t-test yang telah dilakukan diketahui nilai Sig.(2-tailed)
sebesar 0,000 < dari nilai alpha 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil
belajar IPA pada siswa kelas V SDN 005 Sumarorong Kabupaten Mamasa.