Abstract:
Di dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana
kualitas pelayanan publik pada masa new normal serta seperti apa kesiapan Kantor
Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil Kabupaten Tana Toraja dalam
melaksanakan pelayanan publik.
Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa kajian akademik yang berguna
dalam memberikan masukan serta pertimbangan bagi Kantor Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja dalam upaya meningkatkan kualitas
pelayanan publik.
Denelitian ini memperoleh data dari Kantor Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja dengan cara melakukan observasi
langsung, menyebar kuisioner kepada masyarakat yang akan melakukan pelayanan
pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta melakukan observasi pustaka
dengan memita data yang penting di bidang kepegawaian.” Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui data
primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner kepada masyarakat dengan
sampel sebanyak 53 orang. teknik analisis data menggunakan stastik SPSS 23.
Dari hasil pengolaan data menggunakan SPSS 23 diperoleh hasil untuk kualitas
pelayanan publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupate
Tana Toraja cukup bagus dengan nilai rata-rata dari lima dimensi yang menjadi
tolok ukur sebesar 3,62 (72%).