Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengidentifikasi factor-faktor
internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman
dalam pengembangan komoditi tanaman kemiri dan mengetahui strategi yang
tepat dalam pengembangan usaha komoditi tanaman kemiri Di Kelurahan
Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Juni sampai dengan Bulan Agustus 2021. Responden terdiri dari 9
orang petani yang telah menjalankan usahanya lebih dari 5 tahun. Data penelitian
terdiri dari data primier dan sekunder. Strategi pengembangan usaha komoditi
tanaman kemiri dirumuskan menggunakan analisi SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan Strategi Pengembangan Usaha Komoditi
Tanaman Kemiri di Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten
Mamuju adalah : (1) Menjalin hubungan baik dengan pedagan perantara dan
pemerintah sehinggah dapat mempermudah penjualan dan budidaya tanaman
kemiri, (2) meningkatkan populasi tanaman kemiri sehingga hasil produksi kemiri
meningkat dan (3) meningkatkan kapasitas pengolahan kemiri agar kualitas yang
dihasilkan baik karena permintaan dan minat konsumen yang tinggi.