Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan aparatur pada kantor
Samsat dan penerapan SOP pada pelayanan di kantor Samsat di Kabupaten
Mamasa.
Informan terdiri dari Bagian seksi penetapan dan pendataan, Bagian seksi
Pembayaran dan Penagihan, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode
Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian ini merujuk pada penerapan Sistem pada
pelayanan pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Mamasa. Data penelitian
diperoleh melalui hasil Observasi, Wawancara, dan Dokumen-dokumen.
Melalui hasil penelitian yang sudah dilakukan penerapan standar operasional
prosedur pada pelayanan di kantor Samsat sudah berjalan cukup sesuai. Hal ini
dikarenakan ada beberapa factor yang menghambat pelaksanaannya salah satunya
adalah factor jaringan yang kurang memadai (dikarenakan letak geografis yang
tidak mendukung). Untuk kedepannya akan diperbaharui kecepatan sistem
jaringannya agar tidak menjadi kendala lagi dalam pelayanan.