DSpace Repository

TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE SEBAGAI PREDIKTOR PRASANGKA SOSIAL PADA PELAKU UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL

Show simple item record

dc.contributor.author DJURI, GREYNECHA
dc.date.accessioned 2022-10-18T06:45:08Z
dc.date.available 2022-10-18T06:45:08Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4517091028
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1234
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah tipe kepribadian big five dapat menjadi prediktor prasangka sosial pada pelaku ujaran kebencian di media sosial. Penelitian ini dilakukan terhadap 458 subjek yang berusia 20-30 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan regresi linear berganda, dengan menggunakan skala Big Five Inventory: IPIP-BFM-50 yang dirancang oleh Golberg (1992) dengan reliabilitas 0.775, dan skala prasangka sosial yang dikonstruk oleh peneliti berdasarkan teori Pettigrew dan Meertens (1995) dengan reliabilitas 0.853. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian big five secara berasama-sama dapat memprediksi prasangka sosial pada pelaku ujaran kebencian sebesar 14% (p=0.000; p<0,05). Secara parsial, terdapat tiga tipologi big five yang dapat memprediksi prasangka sosial, yaitu agreeableness dan conscientiousness (p=0.000;p<0,05) dengan arah negatif serta neuroticism (p=0.001;p<0,05) dengan arah yang positif. Sedangkan dua tipe big five yang lainnya tidak mampu mempengaruhi prasangka sosial yaitu extraversion (p=0.522;p>0,05) dan openness to new experience (p=0.093;p>0,05) en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Tipe Kepribadian Big Five en_US
dc.subject Prasangka Sosial en_US
dc.subject Ujaran Kebencian en_US
dc.title TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE SEBAGAI PREDIKTOR PRASANGKA SOSIAL PADA PELAKU UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account