Abstract:
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Tujuan penelitian yaitu
mendeskripsikan penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil
belajar matematika pada siswa kelas III SD Inpres Panaikang 1/2 Kota Makassar.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 orang. Pertemuan
dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Inpres Panaikang 1/2
meningkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, maupun dari
hasil tes belajar siswa, dimana pada siklus I hasil belajar siswa berada dalam
kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa berada dalam kategori
baik. Dengan demikian metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas III SD Negeri Inpres Panaikang 1/2 Makassar