Abstract:
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kualitas sistem pelayanan
BPJS Kesehatan di RSUD Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Metode
pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.Sumber data
yaitu data primer dan data skunder. Teknik analisis data melalui pengumpulan
data, redukasi data, panyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian dengan fokus 1) Kualitas sistem pelayanan BPJS Kesehatan
di RSUD Lamaddukkelleng Kab. Wajo: (a) Transparansi, dari indikator ini sudah
berjalan cukup baik(b) Akuntabilitas, dilihat dari indikator ini belum sepenuhnya
berjalan optimal, (c) Partisipatif sudah cukup baik (d) Kondisional sudah berjalan
dengan baik, namun belum optimal, (e) Kesamaan hak, sudah berjalan cukup baik.
2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD
Lamaddukkelleng Kab. Wajo, yaitu a. Faktor pendukung, yiatu dengan adanya (a)
Sumber Daya Aparatur/karyawan yang cukup profesional dan handal (b) Sarana
dan prasarana dengan fasilitas cukup memadai yang menunjang pelaksanaan
pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Lamaddukkelleng Kab. Wajo, b. Faktor
penghambat, yaitu: (a) Sistem rujukan yang berjenjang, (b) Fasilitan kesehatan
yang tidak sebanding.