Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan strategi PAKEM bermuatan karakter terhadap hasil belajar PKn siswa
kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment Nonequivalent control
group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 42 orang.
Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali teknik dan observasi yang dianalisis
dengan statistik deskriptif. Data yang diperoleh bahwa ada pengaruh strategi
PAKEM bermuatan karakter terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres
Lanraki Kota Makassar. Berdasarkan hasil analisis (kelas eksperimen) yang diberi
perlakuan menggunakan strategi PAKEM bermuatan karakter termasuk kategori
baik dengan rata-rata post test =78,90 dan hasil belajar siswa kelas V B (kelas
kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan strategi konvensional termasuk
kategori cukup dengan nilai rata-rata post test = 72,45. 3) Berdasarkan hasil uji t
diperoleh thitung> ttabel 6,678 > 1,976 (n = 34) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%
yang menyatakan terima Ha dan tolak H0, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan strategi PAKEM bermuatan karakter berpengaruh signifikan terhadap
hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar.