Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode
Mind Mapping terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMPN
35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian Posttest-only control design yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol
dibandingkan. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan sedangkan kelas kontrol
tidak mendapat perlakuan. Sampel penelitian ini. Sampel penelitian adalah siswa
kelas VIII-1 sebanyak 31 orang dan siswa kelas VIII-7 sebanyak 33 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan melakukan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping
terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-1 SMPN 35 Makassar.
Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan t
hitung lebih
besar daripada t
tabel yaitu 4,347 > 1,669 maka hipotesis Ha diterima dan Ho
ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan
menulis puisi bebas siswa kelas VIII-1 SMPN 35 Makassar. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara
penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa
kelas VIII-1 SMPN 35 Makassar.