Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan
metode mind mapping terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa SMA
Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttestonly control design, yaitu memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi
perlakuan metode mind mapping, dan kelas kontrol tanpa perlakuan metode mind
mapping. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang, kelas eksperimen berjumlah
23, sedangkan kelas kontrol berjumlah 22 oarang. Penelitian ini dilaksanakan
masing-masing kelas sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik tes berupa soal essay yang dianalisis dengan statistik
kuantitatif dengan menggunakan rumus uju-t. Data yang diperoleh di analisis
dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode
mind mapping efektif terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Hal ini dapat
dilihat dari hasil analisis uji-t data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol,
diperoleh nilai thitung sebesar 3,990 dan nilai ttabel sebesar 1,681 hal ini menunjukkan
thitung > ttabel. Dengan demikian, data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga
disimpulkan metode mind mapping efektif terhadap kemampuan menulis cerpen
pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi
Sulawesi Barat.