DSpace Repository

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TABULAHAN, KABUPATEN MAMASA, PROVINSI SULAWESI BARAT

Show simple item record

dc.contributor.author RESKI, TRI MAYA
dc.date.accessioned 2022-10-20T02:09:42Z
dc.date.available 2022-10-20T02:09:42Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4517102015
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1320
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa SMA Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttestonly control design, yaitu memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode mind mapping, dan kelas kontrol tanpa perlakuan metode mind mapping. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang, kelas eksperimen berjumlah 23, sedangkan kelas kontrol berjumlah 22 oarang. Penelitian ini dilaksanakan masing-masing kelas sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa soal essay yang dianalisis dengan statistik kuantitatif dengan menggunakan rumus uju-t. Data yang diperoleh di analisis dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mind mapping efektif terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai thitung sebesar 3,990 dan nilai ttabel sebesar 1,681 hal ini menunjukkan thitung > ttabel. Dengan demikian, data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga disimpulkan metode mind mapping efektif terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode pembelajaran Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil belajar siswa en_US
dc.title KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TABULAHAN, KABUPATEN MAMASA, PROVINSI SULAWESI BARAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account