Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dari penelitian
ini menggunakan sampel jenuh, yakni sebanyak 26 orang karyawan. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi
pemasaran terhadap volume penjualan pada. PT Eastern Pearl Flour Mils Kota
Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran
berpengaruh signifikan secara bersama-sama antara variabel bebas yaitu X1
Penjualan Pribadi (personal selling),X2 Promosi Penjualan (Sales promotion),X3
Pemasaran Langsung (Direct marketing) terhadap variabel terikat yaitu Volume
penjualan (Y). Variabel personal selling, direct marketing memiliki pengaruh
yang lebih besar / dominan dari salles promoction terhadap volume penjualan.Dan
yang paling dominan pengaruhnya terhadap volume penjualan di antara 3 variabel
tersebut adalah variable X3 Pemasaran Langsung (Direct Marketing).