Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui keefektifan teknik teratai dalam
pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 18
Makassar.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan menggunakan
desain eksperimen One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 18 Makassar. Sampel dalam penelitian ini
ialah siswa kelas X IPA3 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data
yang dipakai adalah teknik tes tertulis yaitu pre-test dan post-test. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang
menggunakan teknik teratai dengan siswa yang tanpa menggunakan teknik
teratai.Hal tersebut dapat dapat dilihat berdasarkan pada hasil uji-t pada skor Pretest dan post-test yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 26. Hasil
perhitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,200 < 0,050
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari hasil Pre-test dan PostTest. Hipotesis yang telah diperoleh thitung 12,163 ttabel 1,666,dengan df 70.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa teknik teratai lebih efektif digunakan dari pada
tanpa menggunakan teknik teratai dalam pembelajaran menulis puisi bebas.asil
tersebut menunjukkan bahwa teknik teratai lebih efektif digunakan dari pada
tanpa menggunakan teknik teratai dalam pembelajaran menulis puisi bebas.