Abstract:
Analisis ini bertujuan untuk memganalisis tegangan – regangan yang terjadi pada struktur
Pier Head akibat metode kontruksi (Span By Span Erection Box Girder with Launching
Gantry (LG)) tipe struktur jembatan Precast Segmental Box Girder pada tahapan
pelaksanaan pekerjaan Jalan Layang Tol Pettarani. Struktur Pier Head adalah beton
prategang yang berbentuk cantilever. Metode kontruksi menggunakan alat bantu yaitu LG
Liando dan LG Tolian. LG Liando bertumpu pada Pier Head sisi barat dan LG Tolian pada
Pier Head sisi timur. Akibat momen Kedua LG tersebut akan menimbulkan tegangan –
regangan pada Pier Head. Struktur Pier Head yang ditinjau adalah P3 dan P4 (bentang 50
m, gradien 4% dan 25 Tahap Erection Box Girder) serta Pier Head P8 dan P9 (bentang 50
m, gradien 1% dan 2 tahap Erection Box Girder). Pemodelan dan analisis dilakukan
menggunakan program bantu CSi Bridge dengan hasil Output berupa diagram tegangan,
nilai tegangan maksimum dan tegangan minimum. Nilai tegangan dengan nilai positif (+)
diasumsikan sebagai tegangan Tarik dan nilai tegangan negatif (-) diasumsikan sebagai
tegangan tekan. Untuk nilai regangan didapat dari tegangan tekan/Tarik dibagi dengan
modulus Elastisitas beton. Semua hasil tegangan - regangan Tarik/tekan akibat metode
kontruksi masih Sesuai dengan persyaratan SNI sehingga metode kontruksi aman
terhadap struktur Pier Head