Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kota Makassar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitin one- group
pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 35 Kota Makassar dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP
Negeri 35 Kota Makassar yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik pretest, posttest dan dokumentasi. Instumen dalam penelitian ini
adalah tes dalam bentuk tes lisan. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik
statistik inferensial parametrik jenis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
adanya pengaruh metode debat terhadap keterampilan berbicara siswa karena nilai
t hitung ≥ 0,05 t tabel (taraf signifikan derajat kebebasan 68%). Hasilnya H1
diterima dan H0 ditolak karena 0,064 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh metode debat terhadap keterampilan berbicara siswa.