Abstract:
Studi Ini Menelaah Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator And
Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sd 3/37 Pulau
Sabutung Kabupaten Pangkep. Adapun Permasalahan Pokok Yaitu Rendahnya Hasil Belajar
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas V Sd 3/37 Pulau Sabutung Kabupaten
Pangkep.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar murid melalui
Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sd 3/37 Pulau Sabutung Kabupaten Pangkep.
Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan student
fasilitator and explaining dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn dan
siswa kelas v sdn 3/37 pulau sabutung, sebanyak 22 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 13
perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik nontes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif,
kesimpulan hasil penelitian yaitu dari hasil data observasi aktifitas mengajarguru dan
aktivitas belajar siswa, mengalami peningkatan dan setiap siklus selain itu nilai hasil belajar
pkn pada siklus 1 berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus 2. Berada pada
kategori baik. Hal ini berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan Penerapan Model
Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Pada mata pelajaran pkn meningkat