Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sas (struktural
analisis sintesis terhadap keterampilan membaca permulaan Pada siswa kelas ii
SD Negeri 3 Pulau Sabutung, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten
Pangkep
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu soal tes serta lembar observasi aktivitas siswa. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas data dan uji
–t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penerapan metode sas (struktural analisis sintesis terhadap
keterampilan membaca permulaan Pada siswa kelas II SD Negeri 3 Pulau
Sabutung, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep,
dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan
keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap
model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik.
Berdasarkan analisis aspek yang diperoleh hasil rata-rata pertemuan pertama
sebesar 84.075% dan hasil pertemuan kedua sebesar 94,815%.Begitupun analisis
statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat
dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 71,48 dan nilai rata-rata pada hasil
posttest sebesar 82,93 Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SPSS versi
20 diperoleh nilai sebesar =0,000. Nilai yg diperoleh tersebut lebih kecil dari taraf
signifikasi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat
pengaruh yang signifikan pada probabilitas 0,05 hasil belajar kelas II. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan metode SAS memiliki pengaruh terhadap
peningkatan keterampilan membaca permulaan.