DSpace Repository

PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PULAU SABUTUNG KECAMATAN LIUKANG TUPABBIRING UTARA KABUPATEN PANGKEP

Show simple item record

dc.contributor.author YUNUS, MUH.
dc.date.accessioned 2022-10-24T00:53:57Z
dc.date.available 2022-10-24T00:53:57Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4513103144
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1409
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sas (struktural analisis sintesis terhadap keterampilan membaca permulaan Pada siswa kelas ii SD Negeri 3 Pulau Sabutung, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes serta lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas data dan uji –t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode sas (struktural analisis sintesis terhadap keterampilan membaca permulaan Pada siswa kelas II SD Negeri 3 Pulau Sabutung, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis aspek yang diperoleh hasil rata-rata pertemuan pertama sebesar 84.075% dan hasil pertemuan kedua sebesar 94,815%.Begitupun analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 71,48 dan nilai rata-rata pada hasil posttest sebesar 82,93 Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh nilai sebesar =0,000. Nilai yg diperoleh tersebut lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada probabilitas 0,05 hasil belajar kelas II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAS memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Metode SAS en_US
dc.subject terhadap en_US
dc.subject Membaca en_US
dc.subject Permulaan en_US
dc.title PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PULAU SABUTUNG KECAMATAN LIUKANG TUPABBIRING UTARA KABUPATEN PANGKEP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account