Abstract:
Penalaran moral merupakan kesanggupan seseorang untuk menggunakan suatu
cara berpikir tertentu yang bisa menjelaskan mengenai pilihan seseorang. Perilaku
menyontek ialah suatu perbuatan yang tidak jujur, memberikan, dan mengambil
informasi untuk mencapai nilai terbaik dalam menyelesaikan tugas dan ujian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran moral terhadap
perilaku menyontek pada mahasiswa dengan jumlah 356 responden. Pengumpulan
data yang digunakan adalah skala penalaran moral yang berdasar pada teori
Kohlberg (1987) sedangkan perilaku menyontek yang disusun berdasar pada teori
Anderman & Murdock (2007). Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan
teknik analisis resgresi sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS statistics
24.0. Hasil analisis menunjukka ada pengaruh penalaran moral terhadap perilaku
menyontek pada mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 0.24 (p=0.000; p<0.005).
kontribusi ini memiliki arah pengaruh yang negaif, semakin tinggi penalaran
moral maka perilaku menyontek yang ditunjukkan semakin rendah demikian pula,
jika penalaran rendah maka perilaku menyontek yang ditunjukkan tinggi.