EFEKTIVITAS PENDIDIKAN LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Show simple item record

dc.contributor.author NURHAENI
dc.date.accessioned 2022-10-24T06:56:53Z
dc.date.available 2022-10-24T06:56:53Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4616103041
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1449
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan lalu lintas anak usia dini, sehingga hasil proses pendidikan dapat berkontribusi konstruktif secara signifikan terhadap perkembangan psikomotorik murid. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian fenomenologi dan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi: (1) Staf pengajar dari: pihak polres Kabupaten Kepulauan Selayar, dan tenaga pengajar dari TK Kabupaten Kepulauan Selayar. (2) Pengabsahan data menggunakan: credebelity, transferability, dependability dan comfirmability. dan (3) Analisis data yaitu: koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Deskripsi konten pendidikan anak usia dini, indikator: (a) Kurikulum pembelajaran, implementasi peraturan perundangan PAUD untuk anak masih sangat terbatas, dan (b) Lingkup materi pembelajaran, dilakukan dengan meperhatikan landasan, prinsip, dan pendekatan pengembangan kurikulum, (2) Realitas proses pendidikan anak usia dini, indikator: (a) Persiapan pembelajaran, Komunikasi pembelajaran belum sepenuhnya berjalan baik, efektif dan maksimal, Sumber daya, standar kualifikasi pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan belum memenuhi standar, Sikap pelaksana, memiliki komitmen namun masih perlu diikuti dengan agenda sosialisasi., dan Struktur birokrasi, implementasi kebijakan program PAUD belum sepenuhnya berjalan efektif dan maksimal. dan, (b) Implementasi program pembelajaran, belum terlaksana dengan baik, efektif dan maksimal, dan (3) Evaluasi hasil pendidikan anak usia dini, diukur oleh indikator: (a) Peningkatan mutu pembelajaran, Pengelolaan kelas, belum signifikan yang dibuktikan dengan kurang penguasaan materi pelajaran oleh siswa dan kurang mampu mempraktekkannya, Penggunaan media dan sumber belajar, siswa sangat antusias dan fokus ketika guru menggunakan media ajar, Penggunaan metode pembelajaran, cara memotivasi siswa dan adanya kompetisi untuk lebih aktif, dan Penilaian hasil pembelajaran, belum efektif dan proporsional, dan, (b) Pendokumentasi hasil pembelajaran, belum memiliki Sistem Informasi Manajemen dan fasilitas Information and Communi-cation Technology untuk proses penyelenggaraan pendidikan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Konten en_US
dc.subject proses en_US
dc.subject evaluasi hasil Pendidikan lalu lintas. en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENDIDIKAN LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account